Senin, 10 Dec 2018
radarbromo
icon featured
Politik

Sekali Reses, Anggota Dewan Dapat Tunjangan 5 Kali Gapok Kepala Daerah

31 Agustus 2017, 10: 00: 59 WIB | editor : Muhammad Fahmi

ILUSTRASI

ILUSTRASI (Dok. JawaPos.com)

PANGGUNGREJO - Para wakil rakyat di Kota Pasuruan harus lebih berhemat saat menggelar reses. Itu lantaran mengacu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD, anggaran untuk reses dewan malah berkurang.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Pasuruan Raden Murahanto mengatakan, berdasarkan aturan dalam Permendagri Nomor 62/2017 tentang Kemampuan Keuangan Daerah, Kota Pasuruan termasuk kategori sedang. Kondisi ini menyebabkan anggaran untuk reses DPRD menurun.

Murahanto menyebut, setiap anggota dewan mendapatkan tunjangan reses, 5 kali gaji pokok kepala daerah. Karena gaji wali kota sekitar Rp 2,1 juta, maka yang diterima adalah Rp 10,5 juta.

Jumlah anggota DPRD Kota Pasuruan sebanyak 30 orang. Sehingga, total anggaran reses dikalkulasi sebesar Rp 315 juta dalam setahun. “Kemampuan APBD Kota Pasuruan dalam setahun itu Rp 525 miliar dan masuk kategori sedang. Hal ini membuat anggaran reses turun dari sebelumnya sebesar Rp 17,5 juta per orang,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Pasuruan Ismail Marzuki Hasan menjelaskan, dalam setahun anggota dewan melaksanakan 3 kali reses. Sehingga, reses dilakukan setiap 4 bulan sekali setelah pelaksanaan sidang paripurna.

Tempat tujuan reses menyesuaikan asal daerah pilihan (dapil) dari anggota dewan tersebut. Tujuannya, untuk menjaring aspirasi dari masyarakat yang sudah memilih mereka. Sehingga, bisa diketahui persoalan yang selama ini dihadapi oleh masyarakat di daerah tersebut.

(br/mie/riz/mie/JPR)

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia