Kamis, 22 Nov 2018
radarbromo
icon-featured
Pasuruan

Tujuh Pejabat Ini Promosi Jadi Kepala, Empat Diantaranya Ikut Lelang

Jumat, 11 Aug 2017 06:25 | editor : Fandi Armanto

PERSIAPAN: Para pejabat yang akan diambil sumpahnya di gedung Gradika, Kamis (10/8) siang.

PERSIAPAN: Para pejabat yang akan diambil sumpahnya di gedung Gradika, Kamis (10/8) siang. (Fandi Armanto/Jawa Pos Radar Bromo)

PURWOREJO - Setelah melalui proses panjang, kekosongan posisi jabatan 7 organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkot Pasuruan akhirnya terisi. Ketujuh posisi itu diisi oleh tujuh pejabat yang statusnya promosi. Lima diantaranya berhasil diraih dengan melalui proses lelang jabatan.

Kamis (10/8) Wali Kota Pasuruan Setiyono melantik seluruh pejabat yang dipromosikan di gedung Gradika. Selain ketujuh pejabat, wali kota juga mengangkat jabatan sebanyak 59 pegawai di lingkungan Dinas Pendidikan. Diantaranya sebanyak 11 Kepala UPT SMP, 46 Kepala UPT SD, 1 Pengawas Dikdas, dan 1 Kepala TK. 

Adapun ketujuh pejabat yang promosi tersebut di antaranya Asisten Administrasi Umum dan Kesejahteraan Daerah, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja.

Dari tujuh pejabat itu, lima diantaranya sudah mengikuti lelang jabatan (Dinas PU PR; Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman; Dinas Perhubungan; Dinas Pertanian dan Ketahanan pangan; Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan Dinas Pol PP). Kelima pejabat itu sebelumnya menjabat sekretaris dan sempat ditunjuk menjadi pelaksana tugas (Plt)

Dengan begitu, saat ketujuhnya dipromosikan, pangkat mereka yang sebelumnya IIIa, naik menjadi IIb usai dipromosikan. Mereka pun akan langsung bekerja usai mutasian.

Menurut Wali Kota Pasuruan, Setiyono, pengangkatan jabatan itu dilakukan untuk menciptakan adanya angin segar di lingkungan SKPD Kota Pasuruan. Selain itu, Setiyono juga berharap potensi pejabat pratama itu akan memunculkan keunggulan Aparatur Sipil Negara. Apalagi, kelima pejabat yang dipromosikan terbilang masih muda.

“Kami berharap dengan adanya pengangkatan ini akan mendorong munculnya kreativitas yang bisa menguntungkan Pemkot Pasuruan,” ujarnya.

Ditambahkannya, bahwa saat ini pihaknya memang tengah memberikan atensi khusus terhadap sumber daya manusia di lingkungan kerja Pemkot Pasuruan. Menurutnya, dengan adanya pengangkatan jabatan itu akan memberikan dampak positif terhadap kinerja pegawai.

“Memang kami sangat memprioritaskan keunggulan kompetensi pegawai. Itu penting, selain dapat memunculkan kreativitas dalam program-program juga akan memotivasi kinerja sehingga meningkatlah misi pelayanan publik,” tambah Setiyono.

Dalam mekanisme lelang yang berlangsung itu, Setiyono menyebutkan sudah mendapatkan nama pada masing-masing posisi jabatan yang tengah dilelang. Dari nama yang diusulkan itu, kemudian disodorkan kepada Wali Kota Pasuruan. “Setelah ada nama, didalam aturannya sudah menjadi kewenangan kepala daerah untuk mengambil keputusan. Tentu kami sudah mempertimbangkan banyak hal secara matang,” tegasnya.

(br/tom/fun/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia