Radar Bromo

Bobol Kotak Amal untuk Sangu Mudik

PRIGEN - Rizal D. Nuraeni, 19, warga Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung, kini harus menghabiskan hari-harinya di sel tahanan. Itu, setelah aksinya membobol kotak amal musala Nurut Taibin di Lingkungan Genengsari, Kelurahan/Kecamatan Prigen, Selasa (18/4) petang, dipergoki warga setempat.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo menyebutkan, gelagat Rizal sejak Selasa petang memang mencurigakan. Ia sejak sore masuk ke musala.

Saat kondisi musala setempat tengah lengang, pria yang jadi sales alat kesehatan itu pun beraksi. Kotak amal yang terbuat dari kaca pun jadi sasarannya. Ia memecah kaca kotak amal bagian atas dengan menggunakan kunci kontak motornya.

Selanjutnya, ia mengambil duit di dalam kotak amal itu dan dimasukkan ke tas ransel warna hitam miliknya. Beruntung saat keluar musala, ada warga yang melihat gelagat mencurigakannya.

Warga itu pun langsung melapor ke RT setempat dilanjut ke Polsek Prigen. “Pelakunya kami amankan saat sedang berjalan di jalan kampung. Sekitar 300 meter dari TKP (tempat kejadian perkara). Awalnya, ia sempat mengelak. Namun, setelah digeledah, akhirnya ia mengakui akan perbuatannya,” terang Kapolsek Prigen AKP Baktiyono Hendriyanto.

Selain mengamankan pelaku, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya kotak amal kaca musala setempat, duit Rp 1.743.000, dan ransel warna hitam. “Atas perbuatannya, pelaku kami jerat dengan pasal 363 KUHP dan ancaman maksimalnya tujuh tahun penjara,” jelas kapolsek.

Sementara itu, Rizal saat ditemui di sel Mapolsek Prigen mengaku menyesali perbuatannya. Ia nekat membobol kotak amal karena duitnya habis. “Rencananya untuk biaya ongkos pulang ke kampung halaman. Sekaligus buat makan dan minum,” akunya dengan suara lirih. (zal/mie)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar