Radar Bromo

Weekend, Tol Bangil-Rembang Justru Lengang
BERITA TERKAIT

BANGIL - Momen weekend tak serta membuat sejumlah jalur di wilayah Kabupaten Pasuruan bertambah padat. Bahkan, jalur tol Bangil-Rembang yang sejak Kamis (13/4) lalu diberlakukan tarif, terlihat melompong lantaran hanya sedikit kendaraan yang melintas.

Berdasarkan pantauan Jawa Pos Radar Bromo, kondisi tol Bangil-Rembang yang masuk ruas tol Gempol-Pasuruan itu tampak lengang. Hanya ada beberapa kendaraan yang melintasi jalan bebas hambatan itu. Bukan tanpa sebab. Jalur Bangil-Rembang tergolong jalur bisnis dan bukan menjadi jalur wisata.

Humas PT Transmarga Jatim Pasuruan Rudi Poerwanto menuturkan, jalur tol Bangil-Rembang merupakan jalur yang banyak dilalui pebisnis ataupun bekerja. Karena interchange jalur setempat berada di kawasan PIER.

Kebanyakan, jalan bebas hambatan sepanjang 7,7 km itu, dimanfaatkan oleh pekerja yang hendak masuk kawasan PIER. Sehingga, keberadaan jalan tol setempat, justru lengang ketika weekend tiba. Berbeda ketika hari kerja, banyak yang memanfaatkannya.

“Jalan tol Bangil-Rembang kan berdekatan dengan kawasan PIER. Sehingga, kebanyakan yang memanfaatkannya adalah kalangan pekerja dan bukan wisatawan. Sehingga, ketika weekend, kondisinya justru lebih lengang dibanding biasanya,” tambah dia.

Rudi menegaskan, lengangnya jalan tol Bangil-Rembang, bukan semata-mata karena faktor pengenaan tarif yang mulai diberlakukan. Tetapi, lebih pada pemanfaatannya, yang saat ini lebih banyak difungsikan oleh para pekerja.

“Secara rinci, memang belum bisa diukur persentasenya. Namun, yang jelas, ada penurunan pengguna jalan tol Bangil-Rembang antara weekend dengan hari-hari kerja. Kendaraan yang melintas liburan ini (Minggu, 16/4, Red) kalau 100 unit sepertinya ada, bahkan bisa lebih,” sambung dia. (one/fun)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar