Radar Bromo

Libatkan Tim Jihandak untuk Pengamanan Gereja

KRAKSAAN - Petugas kemanan Polres Probolinggo Jumat (14/4) melakukan pengamanan ekstra di sejumlah gereja. Pengamanan itu dilakukan agar umat Kristiani bisa beribadah dengan tenang.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, puluhan personel keamanan Jumat (14/4) di-standby-kan di sejumlah gereja. Petugas penjinak bahan peledak (jihandak) juga ikut dilibatkan untuk melakukan sterilisasi di sejumlah gereja.

Ada dua gereja yang disisir oleh tim jihandak. Yakni, Gereja Santo Paulus di Jalan Panjaitan, Kelurahan Sidomukti, Kraksaan dan Gereja Kristen Jawi Wetan, di Jalan Klojen, Kelurahan Sidomukti, Kraksaan.

Tim jihandak memeriksa bagian luar dan dalam gereja, dengan menggunakan alat metal detector. Selama sterilisasi, tidak ditemukan barang yang mencurigakan atau membahayakan.

Kapolres Probolinggo AKBP Arman Asmara Syarifuddin mengatakan, sterilisasi tempat ibadah gereja itu sebagai upaya cipta kondisi dan antisipasi gangguan Kamtibmas (keamanan, ketertiban masyarakat). Termasuk antisipasi ancaman terorisme yang dirawan terjadi saat perayaan hari raya ibadah besar.

“Antisipasi dengan sterilisasi gereja ini dilakukan dengan menurunkan tim jihandak dari polres sendiri. Kami perlu antisipasi dengan meningkatkan pengamanan. Sebab, ancaman bisa terjadi sewaktu-waktu tanpa diduga. Untuk itu, kami lakukan pencegahan dengan sterilisasi tempat ibadah gereja,” katanya kepada Jawa Pos Radar Bromo.

Sementara itu, pengurus Gereja Santo Paulus Kraksaan, Suharto merepons positif pengamanan yang dilakukan petugas. “Dengan sterilisasi di gereja ini, membuat kami merasa aman. Karena pihak kepolisian sudah memastikan kondisi tempat ibadah ini bersih, tidak ada ancaman,” katanya saat ditemui di lokasi. (mas/mie)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar