Radar Bromo

Dua Anak Buah AKP Zainuri Dibebastugaskan

PANGGUNGREJO - Dua oknum anggota Polsek Keboncandi yang berinisial Aiptu GS dan Aiptu CH sudah tak bertugas lagi sejak sebulan terakhir. Keduanya dibebastugaskan sejak mereka menjalani proses penyidikan yang dilakukan oleh Unit Propam Polres Pasuruan Kota.

Kedua oknum tersebut dibebastugaskan selama proses penyidikan berlangsung. Jika memang terlibat dengan AKP Zaenuri, keduanya juga bisa disidang kode etik. Bahkan, juga bisa bernasib sama seperti AKP Zaenuri, yakni dikenai tindak pidana.

Di Mapolsek Keboncandi, Minggu (5/3), seorang petugas mengatakan bahwa kedua oknum tersebut sudah tak bertugas. “Sudah diserahkan ke Polres sejak sebulan yang lalu,” kata petugas yang enggan menyebutkan namanya itu.

Dalam kasus tersebut, keduanya berperan dalam proses penjualan 18 BB (barang bukti) motor sitaan dalam kurun waktu 2015-2016. Hal itu dilakukan lantaran keduanya menerima perintah dari atasan, yakni Kapolsek Keboncandi yang saat itu dijabat oleh AKP Zaenuri.

Kapolres Pasuruan Kota AKBP Rizal Martomo membenarkan bahwa pihaknya telah mengamankan kedua oknum tersebut sejak awal Februari lalu. Hingga saat ini, keduanya masih dalam proses penyidikan.

Rizal menyebutkan, penindakan atas pelanggaran yang dilakukan kedua oknum anggotanya itu akan dilakukan secara internal. “Sanksi yang akan diberikan hanya disiplin dan etika. Tapi, kalau ada indikasi tindak pidana akan diserahkan ke Polda,” kata Rizal Martomo.

Sementara mantan Kapolsek Keboncandi AKP Z kini telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Mapolda Jawa Timur sejak Jumat (3/3) lalu. Dalam kasus tersebut, tersangka dijerat dengan Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan dengan ancaman di atas empat tahun penjara. (mg3/fun)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar