Radar Bromo

Dipasung Sebulan, Amanah Dilepas

LUMBANG - Setelah dipasung selama hampir sebulan, Amanah, 42, warga Desa Cukurguling, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan, kini dilepas. Amanah pun berkumpul lagi dengan istri, anak, dan menantunya sejak Kamis (3/3).

Dilepasnya pemasungan pada Amanah tidak luput dari peran petugas Puskesmas Lumbang dan Polsek Lumbang. Kapolsek Lumbang AKP Mulyono menegaskan, memasung orang gila tidak menyelesaikan masalah.

Ditambah lokasi pemasungan di belakang rumah dan berdempetan dengan kandang sapi. Dengan kondisi itu, justru akan membahayakan lingkungan sekitar.

“Sebab, secara psikologis orang yang dipasung akan tertekan berada di lingkungan seperti itu. Dan, tertekan biasanya akan diungkapkan dengan amarah,” terangnya.

Amanah sendiri dilepas Kamis (3/3) atau tiga hari setelah dia diberi suntikan penenang oleh petugas Puskesmas Lumbang. Hari Kamis itu, Kapolsek Lumbang AKP Mulyono kembali mengunjungi Amanah untuk melihat kondisinya. Saat itulah, Mulyono berinisiatif melepas pasungannya.

“Kemarin (Kamis, Red) saya berkunjung lagi melihat Amanah. Saya ajak bicara, dia malah menjawab ‘iya Pak Ndan’. Saya langsung berinisiatif melepaskannya. Karena anggapan saya Amanah sudah waras,” ungkap Mulyono.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar