Radar Bromo

Diduga Menjadi Penyebab Banjir, Warga Protes Saluran Irigasi Pabrik

GEMPOL - Puluhan warga Dusun Klabangan, Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, melurug kantor Kecamatan Gempol. Karenanya, mereka memprotes pembangunan saluran air sebuah bangunan di dusunnya, Senin (13/2).

Adanya saluran pembungan dari bangunan yang dicanangkan menjadi pabrik aluminium itu, membuat dusunnya sering kebanjiran.

“Kami mewakili warga memprotes saluran irigasi yang dibangun pabrik baru di Dusun Klabangan. Selama ini berdampak banjir ke rumah warga dan tempat pemakaman umum,” ujar perwakilan warga, Hidayat.

Menurutnya, kini bangunan bakal pabrik ini memang masih berupa pembangunan fondasi pagar keliling. Dengan adanya bangunan ini, saluran irigasi semula berada di sisi barat tempat pemakaman umum (TPU) di belakang pabrik, kini dialihkan ke sisi selatan.

Dampaknya, TPU yang dulu tak pernah kebanjiran, kini malah sering kebanjiran saat hujan deras. Selain itu, saluran air di tepi jalan depan pabrik yang dulunya lancar, sejak beton base terpasang juga sering mampet.

“Ini, harus diperhatikan pihak pabrik selaku pemilik bangunan. Saluran yang ada harus dikembalikan seperti semula. Ini, harus segera diperbaiki, sehingga tak ada pihak yang dirugikan,” ujarnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar