Radar Bromo

Gara-gara Ini, Sidang Vonis DAK Sempat Diskors

SIDOARJO - Sidang dengan agenda vonis yang dipimpin ketua majelis hakim Matius Samiadji digelar sekitar pukul 10.30. Sidang vonis tersebut mendapat perhatian petugas pengamanan. Sejumlah anggota Polres Sidoarjo tampak berjaga di dalam dan luar ruang sidang.

Para pengunjung yang hendak masuk ruang sidang pun harus melewati pemeriksaan di pintu ruang sidang. Seperti sebelumnya, sidang juga dipenuhi pendukung HM Buchori. Bahkan, banyak pengunjung sidang yang tertahan di luar gedung karena ruangan tidak cukup.

Buchori sendiri mendapat kesempatan pertama mengikuti sidang. Sebelum majelis hakim membacakan putusan, ketua majelis hakim Mathius Setiadji menyampaikan, vonis majelis hakim tidak memungkinkan memuaskan semua pihak.

Selain itu, sesuai kesepakatan majelis hakim, maka kemarin majelis pun menetapkan untuk membacakan poin-poin putusan saja dalam sidang. ”Berkas putusan sudah siap dan lengkap. Tapi, kami bacakan poin-poinnya saja dalam sidang ini,” kata ketua majelis hakim, Mathius Setiadji.

Mathius menjelaskan, putusan itu diambil setelah majelis hakim membaca berkas perkara, setelah mendengar surat dakwaan JPU, telah mendengar keterangan saksi-saksi yang diajukan JPU, telah mendengar keteranghan terdakwa, telah mendengar tuntutan JPU, telah mendengar pembelaan terdakwa.

Di tengah sidang, saat majelis hakim membacakan pertimbangan putusan, terdakwa Buchori meminta izin pada majelis hakim untuk ke toilet. Sehingga, sekitar pukul 10.45, majelis hakim memutuskan sidang diskors beberapa menit.

Setelah Buchori kembali, majelis hakim mencabut skors dan melanjutkan membacakan pertimbangan putusan. Majelis hakim membebaskanm Buchori dari dakwaan primer. Mendengar pembacaan majelis hakim tersebut, peserta sidang langsung bersyukur dan bertakbir. Namun, Buchori dikenai dakwaan subsidair. (mas/mie)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar