Radar Bromo

Padepokan dan Kebangkitan Spiritualitas
BERITA TERKAIT

Penangkapan Gatot Brajamusti karena kasus Narkoba dan Taat Pribadi karena kasus pembunuhan, tidak hanya membuat ramai berita di media dan di alam maya. Istilah padepokanpun kian populer terdengar, lantaran keduanya merupakan pengasuh sebuah padepokan.

Gatot adalah pengasuh Padepokan Brajamusti yang terletak di Kabupaten Sukabumi, sedangkan Taat Pribadi adalah pengasuh Padepokan Dimas Kanjeng Taat Pribadi di Kabupaten Probolinggo. Istilah padepokan lebih mirip pondok pesantren, karena umumnya merupakan tempat menimba ilmu. Yang berbeda mungkin salah satunya adalah murid-muridnya.

Sebagian besar murid padepokan, adalah orang-orang yang sudah berkeluarga. Sedangkan Pondok Pesantren adalah orang-orang yang belum bekeluarga, yang masih dalam jenjang pendidikan tertentu. Sebagai seseorang yang sudah berkeluarga, tentu motivasi dan alasan berbai’ah menjadi murid setia Gatot dan Ta’at Pribadi, sangat beragam.

Berbeda dengan orang yang nyantri di pondok pesantren, yang sebagian besar untuk mencari ilmu, baik agama maupun umum. Namun dalam konteks penghormatan terhadap guru, sosok pengasuh padepokan bagi murid-muridnya, layaknya kiai bagi santri di pondok pesantren. Terlepas adanya pro-kontra terkait perilaku dua nama ini, bagi murid-muridnya, Gatot dan Taat Pribadi adalah sosok yang religius, kharismatik, dan disegani.

Kehadiran Gatot dan Taat pribadi, merupakan simbol kerinduan manusia terhadap nilai-nilai dan praktek spiritualitas. Ia hadir bagaikan “juru selamat”, bagi murid-muridnya yang tengah menjalani peliknya kehidupan. Fenomena ini tidak hanya menunjukkan betapa kuatnya daya tahan agama terhadap terpaan modernisme, melainkan arus balik di mana agama kembali dalam posisi tertinggi.

Yang menarik adalah keberadaan padepokan Gatot yang sebagian murid-muridnya berasal dari perkotaan (kaum urban). Ketertarikan kaum urban ini utuk menjadi murid padepokan Gatot, semakin membenarkan bahwa kesenangan yang mudah didapatkan asal punya uang, tidak cukup membuat seseorang mendapatkan ketenangan hidup.

1
2
3
4

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar