Radar Bromo

Setelah Yingluck Lengser
BERITA TERKAIT

TENSI krisis politik di Thailand kembali meninggi. Pengadilan konstitusi memerintahkan pelengseran Perdana Menteri Yingluck Shinawatra dari jabatannya. Putusan tersebut menjadi klimaks rentetan protes kubu oposisi yang meminta adik kandung mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra tersebut turun dari jabatan kepala pemerintahan.

Namun, krisis itu bisa jadi belum akan mencapai puncak. Pendukung Yingluck pasti tidak akan tinggal diam atas pelengseran tersebut. Terlebih, dasar yang dipakai hakim cukup sumir. Yingluck dituduh telah sewenang-wenang mencopot Kepala Dewan Keamanan Nasional Thawil Pliensri pada 2011. Posisi Thawil lantas diberikan kepada kerabat Yingluck, Priewpan Damapong.

Kabinet Yingluck juga tidak otomatis langsung bubar. Menteri Perdagangan Niwatthamrong Boonsongphaisan yang juga menjabat deputi perdana menteri menggantikan posisi Yingluck sebagai penjabat sementara hingga pemilu yang digelar pada 20 Juli mendatang. Posisi Niwatthamrong itu cukup krusial. Sebagai orang yang akan mengantarkan Thailand menuju pemilu, dia adalah mantan eksekutif di perusahaan milik keluarga Shinawatra.

Krisis politik di Thailand belum sepenuhnya akan berakhir. Terlebih, pendukung keluarga Shinawatra juga tidak bisa dibilang sedikit. Pendukung Yingluck memang tidak berpusat di Bangkok yang didominasi kaum terpelajar. Pebisnis yang banting setir ke politik setelah kakaknya, Thaksin Shinawatra, terusir dari negerinya tersebut memiliki pendukung loyal di pelosok Thailand. Itu pula yang pernah menjadi modal Peua Thai Party memenangi pemilu pada 3 Juli 2011. Peua Thai Party sebenarnya tidak lain adalah jelmaan Thai Rak Thai, partai bentukan Thaksin yang akhirnya diputuskan menjadi partai terlarang.

Gelombang protes terhadap Yingluck sebenarnya bermula sejak dia memerintah. Yinglcuk dianggap hanya menjadi boneka Thaksin, kakak kandung yang dituduh korupsi pasca kudeta militer pada 2006.

Protes terhadap Yingluck menyeruak setelah kabinetnya menyiapkan amandemen konstitusi yang memungkinkan untuk memberikan amnesti kepada Thaksin. Langkah Yingluck tersebut dianggap hanya merupakan upaya untuk memberikan jalan kepada Thaksin untuk kembali masuk ke Negeri Gajah Putih itu.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar